Search

Hasil penelusuran

Sabtu, 22 Maret 2014

Manfaat Ngopi


Para penggemar kopi sekarang bisa bersorak gembira, penelitian terbaru oleh Frank Hu, MD, Professor of Epidemiology and Nutrition di Harvard School of Public Health, ternyata minum enam cangkir kopi mampu mengurangi risiko diabetes. Kok bisa? Ternyata biji kopi mengandung satu zat kimia yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah yaitu chlorogenic acid. Chlorogenic acid bekerja dengan mengurangi penyerapan glukosa dalam tubuh.
Berdasarkan penelitian tersebut, minum kopi tanpa gula secangkir sehari mampu menurunkan 8% risiko diabetes, 2 cangkir untuk 15%, 3 cangkir untuk 21%, 4 cangkir untuk 25%, dan enam cangkir bisa turun hingga sepertiganya, wow!
Kopi juga disebut-sebut sebagai salah satu sumber magnesium; zat lain yang juga sering disebut-sebut dapat menurunkan risiko diabetes.
Satu catatan penting yang perlu kamu ingat adalah hindari mengonsumsi kopi dengan tambahan seperti gula, whip cream, krimmer, dan lain-lain. Penambahan bahan-bahan seperti di atas hanya akan mengurangi, bahkan menghilangkan manfaat kesehatan yang dapat kita serap dari kopi. Terutama jika kamu menambahkan gula, manfaat untuk mengurangi risiko diabetes dari kopi hanya akan menjadi sia-sia, sweetie.
Walau terasa pahit dan getir, ingatlah bahwa rasa bukanlah segalanya. Manfaat kesehatan yang terkandung di dalam si pahit kopi tentu jauh lebih penting dari nikmat sesaat dengan gula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar